Frequently Ask Question

Customer Support

Apa itu PosGO Syariah?

PosGO Syariah adalah aplikasi bergerak (mobile application) untuk sarana akses perdagangan dan akses pemenuhan kebutuhan utilitas. Kombinasi pengelolaan aset dan pengelolaan utilitas harian.

Apa itu PosGold?

PosGold adalah layanan trading emas berbasis sistem aplikasi yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja dengan akses langsung ke ekosistem perdagangan internasional.

Bagaimana cara membuat akun di aplikasi PosGO Syariah?

Anda harus memiliki aplikasi PosGO Syariah terlebih dahulu dengan cara mengunduh di App Store maupun Play Store. Setelah itu Anda dapat mendaftar dengan mengisi data dengan menggunakan e-form yang telah kami sediakan.

Apakah PosGO Syariah adalah suatu perusahaan resmi?

Ya. PosGO Syariah dikembangkan oleh PT Bullion Ecosystem International yang berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia. Fitur Perdagangan fisik emas secara digital  PosGO Syariah dilakukan sesuai Peraturan Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), dalam kerangka kerjasama dengan PT ABI Komoditi Berjangka, yang merupakan Perusahaan Pialang dan Perantara Perdagangan yg terdaftar secara resmi di Bappebti.

Fitur apa saja yang ada di PosGO Syariah?

Dalam aplikasi PosGO Syariah, Anda dapat menggunakan beberapa fitur yang telah Kami sediakan, seperti PosGold, GoldToMecca, Switch, dan Pospay. Fitur-fitur ini pastinya akan memudahkan Anda untuk bertransaksi maupun menyimpan aset yang dapat Anda akses di mana pun dan kapan pun. Masih akan ada fitur-fitur fungsionalitas lainnya yang akan melengkapi PosGO Syariah.

Berapa biaya untuk mendaftarkan diri di aplikasi PosGO Syariah?

Untuk registrasi, Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun.

Kapan saya bisa melakukan verifikasi akun?

Anda dapat melakukan verifikasi akun setelah mendaftarkan diri melalui aplikasi PosGO Syariah.

Bagaimana cara melakukan verifikasi akun?

Setelah melakukan pendaftaran di aplikasi PosGO Syariah, Anda dapat melakukan verifikasi akun di Pos Indonesia terdekat dengan memberikan kode yang telah diberitahukan melalui aplikasi PosGO Syariah.

Berapa lama proses verifikasi akun?

Proses verifikasi akun akan membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Setelah itu Anda dapat menggunakan akun tersebut untuk transaksi.

Mengapa saya harus verifikasi akun?

Verifikasi akun dibutuhkan agar Anda dapat menggunakan semua fitur yang ada di PosGO Syariah dan juga untuk menjaga keamanan saat Anda melakukan transaksi. Selain itu verifikasi akun Kami butuhkan untuk menjaga data dari akun palsu.

Apakah perlu melakukan verifikasi akun melalui email?

Tidak. Verifikasi akun hanya dilakukan melalui Pos Indonesia tetapi akun email diperlukan untuk mengirimkan kode saat melakukan proses pendaftaran.

Apakah Saya harus memiliki nomor SIM card khusus untuk verifikasi proses di PosGO Syariah?

Ya, SIM card Anda harus terverifikasi dan teregistrasi khusus untuk layanan PosGO Syariah, sebagai bagian dari sistem verifikasi keamanan PosGO.

Apakah Saya dapat memiliki lebih dari satu akun?

Dapat, dengan memiliki nomor HIN yang berbeda untuk setiap akun.

Apakah Saya harus memiliki buku tabungan?

Tidak. Setelah Anda melakukan registrasi dan verifikasi akun, Anda akan secara otomatis memiliki rekening Bank dan rekening Giropos dari PosGO Syariah.

Apakah Saya harus memiliki NPWP?

Ya. Anda harus memiliki NPWP untuk melakukan verifikasi dokumen.

Apakah dengan memiliki NPWP akan dikenakan pajak dalam transaksi?

Ya, setiap transaksi jual emas dalam ekosistem perdagangan PosGold akan dikenakan pajak transaksi sebesar 0.1% dihitung berdasarkan nilai transaksi Jual Emas dikutip sebagai penghasilan negara oleh  Dirjen Pajak Republik Indonesia.

Apakah akun Saya dapat dibekukan?

Akun Anda akan dibekukan jika belum membayar tagihan yang telah disepakati dan akun Anda terindikasi melakukan tindakan pidana berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

Apakah akun Saya dapat diblokir?

Akun Anda akan diblokir jika Anda dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemblokiran akun akan dilakukan tanpa melakukan pemberitahuan dan berdasarkan perintah dari otoritas pemerintah yang berwenang.

Apakah perbedaan akun Giro Pos dan RDK?

Pada akun Giro Pos, Anda dapat melakukan transaksi pada semua fitur yang telah Kami sediakan kecuali PosGold. Sedangkan akun RDK hanya dapat digunakan untuk transaksi jual beli emas pada fitur PosGold.

Kapan Saya dapat menjual emas yang telah saya miliki?

Anda dapat melakukan penjualan emas dalam jumlah berapapun namun untuk penarikan fisik emas minimal dalam satuan 5 gram.

Bagaimana cara menjual emas di PosgGO Syariah?

Untuk menjual emas yang Anda miliki, Anda cukup masuk ke menu PosGold dan menjual emas sesuai nominal yang telah tersedia.

Apakah ada minimal dan maksimal transaksi penjualan emas yang dapat dilakukan dalam 1 hari?

Tidak ada batasan minimal dan maksimal untuk transaksi penjualan emas dalam 1 hari.

Apakah uang penjualan emas akan langsung masuk ke rekening Saya?

Ya. Uang hasil penjualan emas akan langsung masuk ke rekening RDK Anda di PosGO Syariah dan dana dapat ditarik melalui rekening Giropos Anda melalui jaringan tunai Pos Indonesia.

Bagaimana cara membeli emas di aplikasi PosGO Syariah?

Untuk dapat melakukan pembelian emas, pastikan saldo RDK Anda sudah cukup untuk membeli emas yang Anda inginkan. Kemudian pilih nominal emas yang akan Anda beli pada daftar emas yang telah Kami sediakan.

Berapa jumlah minimum pembelian emas?

Minimum pembelian emas yang dapat Anda lakukan yaitu sebesar Rp. 10.000,-.

Adakah jumlah maksimum pembelian emas di PosGO Syariah?

Tidak. Anda dapat membeli emas dalam jumlah berapa pun.

Bagaimana Saya tahu harga emas saat itu jika saya ingin membeli emas?

Pada aplikasi PosGO Syariah akan kami sediakan harga emas terkini (real-time) dan grafik harga emas terupdate sebagai alat untuk melakukan analisa pasar sehingga Anda dapat memutuskan dan melakukan pembelian emas dengan harga terbaik.

Untuk membeli emas, apa Saya harus menunggu periode tertentu?

Tidak. Anda dapat membeli emas kapan saja.

Apakah Saya dapat mengambil emas yang saya miliki?

Ya. Anda dapat mengambil emas yang sudah dibeli jika jumlah emasmu telah mencapai minimum satuan emas (dalam gram) yang tersedia di pasaran, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di PosGO Syariah.

Dimana Saya dapat mengambil emas saya?

Anda dapat mengambil emas di kantor Pos Indonesia setingkat provinsi atau Anda dapat meminta untuk mengirim emasmu langsung ke alamat rumah yang telah terdaftar.

Apakah ada biaya tambahan jika saya ingin mengambil atau menarik fisik emas saya?

Ya. Anda akan dikenakan biaya pengiriman dan pajak yang berlaku untuk setiap pengambilan fisik emas yang Anda lakukan. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya asuransi jika memilih pengiriman melalui jasa pengiriman Pos Indonesia.

Berapa biaya asuransi yang harus saya bayar?

Seluruh tarif pengiriman berikut asuransi untuk penarikan fisik emas dapat dilihat dalam tabel tarif dalam platform perdagangan PosGold,sesuai lokasi kantor pos terdekat dari domisili Anda.

Berapa lama penarikan emas fisik dari kustodian vaulting (brankas penyimpanan khusus)?

Sesuai durasi dan jarak tempuh dari lokasi kustodian vaulting (brankas penyimpanan khusus) yang dapat Anda lihat dalam platform perdagangan PosGold.

Berapa lama penarikan fisik emas batangan dari kustodian vaulting (brankas penyimpanan khusus) dapat saya terima?

Anda dapat menerima fisik emas  maksimal 10  hari kerja, sesuai jadwal pengiriman yang telah ditentukan oleh PT Pos Indonesia.

Apakah ada biaya cetak?

Tidak ada biaya cetak, karena semua fisik emas telah teralokasikan untuk masing-masing klien atau user dalam sistem kustodian.

Bagaimana cara saya membayar biaya penarikan?

Biaya penarikan dapat dibayar dengan menggunakan dana di akun RDK, atau dengan mentransfer dana ke aplikasi PosGO Syariah melalui Pos Indonesia atau jaringan perbankan. Emas Anda akan ditarik dari jaringan penyimpanan (vault) PosGO Syariah setelah faktur permintaan penarikan yang Anda lakukan telah diselesaikan atau telah diverifikasi.

Di mana emas Saya disimpan?

Emas Anda disimpan di jaringan penyimpanan (vault network) PosGO Syariah yang berada di Jakarta dan Singapura.

Apakah ada biaya penyimpanan?

Ya. Anda akan dikenakan biaya penyimpanan untuk fisik emas milik Anda dan tercatat secara terpisah untuk masing-masing klien/user dalam sistem manajemen penyimpanan, sistem manajemen penyimpanan dikelola secara independen oleh vault kustodian yang berstandar internasional. Biaya penyimpanan dihitung dalam satuan harian dan tarif dihitung dalam satuan tahunan.

Bagaimana saya membayar biaya penyimpanan saya?

Anda akan dikirimi email faktur untuk biaya penyimpanan pada akhir setiap bulan. Biaya-biaya ini akan dibayar menggunakan saldo tunai yang tersedia di Giro Pos. Jika Anda tidak memiliki dana yang tersedia, Anda perlu menambah saldo akun Giro Pos terlebih dahulu.

Kapan saya akan mulai membayar untuk penyimpanan kepemilikan saya?

Anda hanya akan mulai membayar kepemilikan emas Anda setelah dikirim ke jaringan penyimpanan PosGO Syariah. Semua produk emas akan dikenai biaya penyimpanan saat berada di PosGO Syariah.

Berapa biaya penyimpanan?

Biaya penyimpanan tahunan adalah sebagai berikut: ….

Bagaimana biaya penyimpanan dihitung?

Biaya penyimpanan dihitung setiap hari dan dikenakan biaya bulanan. Anda hanya akan membayar biaya penyimpanan jika emas yang Anda miliki telah dikirimkan ke brankas, jika emas belum dicetak maka Anda tidak akan dikenakan biaya penyimpanan.

Bisakah saya mengunjungi fasilitas penyimpanan emas (Vault facilities)?

Tidak, penyedia fasilitas penyimpanan merupakan penyimpanan tingkat internasional dengan aset bernilai tinggi sehingga mereka melarang adanya suatu kunjungan demi menjaga protokol keamanan yang berlaku.

Jika saya sudah tidak memiliki saldo untuk biaya penyimpanan emas, apakah emas saya akan hilang?

Emas Anda tidak hilang namun pada batasan jumlah tarif tertunggak tertentu, emas fisik milik Anda akan dialihkan di bawah penguasaan Lembaga Kliring dan Penyelesaian untuk dilakukan proses mitigasi, koleksi, agregasi dan proses paling akhir adalah likuidasi.

PosGO Syariah, satu aplikasi untuk kelola aset berhargamu dan semua kebutuhan utilitasmu.

Follow Us

Email: halopos@posindonesia.co.id
Phone: (022)-4213640, 4213641, 4213646